Kamis, 24 Januari 2013

Andy Murray Tolak Doping Sebagai Kunci Kemenangan


Andy Murray tidak sepakat dengan pernyataan mantan pembalap sepeda Amerika Serikat, Lance Armstrong, terkait penggunaan doping. Petenis asal Skotlandia itu punya cara tersendiri untuk meraih kesuksesan tanpa bantuan obat-obat terlarang.

Secara mengejutkan, Armstrong mengakui tidak akan memenangi Tour de France selama 7 tahun berturut-turut (1999-2005) tanpa mengonsumsi doping. Namun, dia harus kehilangan semua gelar juaranya lantaran terbukti menggunakan sejumlah zat terlarang.

Pernyataan Armstrong tersebut bertentangan dengan pendapat Murray. Petenis peringkat 3 dunia ATP ini tidak membenarkan penggunaan doping sebagai penunjang performa atlet dalam olahraga apapun.

“Setiap orang bisa melihat berapa jam yang kami habiskan untuk latihan. Kami tentu tidak bisa bermain di hari berikutnya setelah pertandingan selama lima atau enam jam,” ujar Murray seperti dilansir The Sun.

“Setelah pertandingan kami tahun lalu, saya mengatakan bahwa Novak (Djokovic) tidak berlatih saat hari jeda pertandingan, sama sekali tidak memukul bola dan tidak tidur dini hari,” tuturnya seraya menyebut nama petenis peringkat 1 dunia ATP tersebut.

Murray juga tak segan mengungkapkan kunci suksesnya untuk meraih kemenangan. Peraih medali emas Olimpiade London 2012 ini enggan memaksakan diri untuk mengikuti semua kompetisi demi menambah perolehan trofinya.

“Caranya dengan mengurangi jumlah turnamen yang akan saya ikuti. Untuk persiapan, saya juga menghabiskan waktu di gym selama masa rehat kompetisi. Saya yakin hasilnya pasti akan jauh lebih baik,” tutur petenis 25 tahun ini.

Terkait kasus Armstrong, Murray berharap setiap federasi olahraga meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan doping di kalangan atlet. Ia juga tidak ingin melewatkan pengakuan Armstrong saat wawancara dengan host ternama AS, Oprah Winfrey, yang ditayangkan Discovery Channel pada Jumat ini.

“Saya akan menyaksikan wawancara Armstrong di televisi. Pasti akan sangat menarik,” imbuh petenis yang akan berlaga di babak III Australian Open melawan wakil Lithuania, Ricardis Berankis, Sabtu besok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar