Minggu, 10 Februari 2013

Djarum Superliga 2013: Juara Bertahan SGS PLN Nyaris Tumbang


Kejutan nyaris terjadi dalam pertandingan pertama Djarum Superliga 2013, Minggu 3 Februari 2013. Di Grup A sektor putra juara bertahan SGS PLN Bandung, kesulitan menghadapi Tonami, klub peserta asing dari Jepang. Beruntung, setelah sempat tertinggal 0-2, SGS akhirnya menang atas Tonami Jepang 3-2.    

Di partai pertama, SGS PLN Bandung lebih memilih menurunkan pemain asal Jepang Kanchi Tago. Dilihat dari rangking WBF, Kanchi Tago yang duduk  di posisi delapan dunia memang lebih baik  dibandingkan Taufik yang berada di rangking 21.

Namun, secara mengejutkan Kanchi Tago justru menyerah dari rekan senegaranya Sho Sasaki yang menempati rangking 17. Kehilangan poin di tunggal membuat perjuangan SGS PLN terasa berat. Apalagi di partai kedua, pasangan Hendra Aprida Gunawan/Yonathan Suryatama tumbang di tangan  ganda pertama Tonami, Noriyaso Hirata/Hirokatsho Harimotho.

SGS  bangkit di partai ketiga setelah tunggal kedua Taufik  Hidayat menang dua set langsung atas Richi Takesitha 21-15, 21-19. Kemenangan Taufik sudah bisa ditebak. Selain lebih pengalaman, secara rangking Richi Takestha yang berada di posisi 117 juga berada di bawah Taufik.

Kemenangan Taufik membuat SGS mulai bersemangat lagi. Terbukti, di partai keempat SGS yang menurunkan pasangan ganda  asal Taiwan,  Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin mengalahkan pasangan Kego Sonada/Takeshi Kamura yang berangking 60 dunia.

Kekalahan ganda kedua Tonami pantas disesali. Terutama di set pertama, Kego Sonada/Takeshi Kamuraselalu unggul satu atau dua angka. Namun justru mendekati finish, Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin menyusul dan mengakhiri set pertama 22-20.

Di set kedua,  Kego Sonada/Takeshi langsung menyerang total sehingga menang 17-21. Sayang di set penentuan, pasangan Tonami harus menyerah 18-21.

SGS pantas berterimakasih kepada Adi Andrianus yang turun di partai kelima. Berkat ketenangan, Adi menyelamatkan SGS dari kekalahan  setelah menang rubber set.

Di set pertama Adi Andrianus sempat kalah 14-21. Namun di set kedua bangkit dengan menyamakan kedudukan 1-1 setalah menang 21-14. Di set ketiga, poin ketat terjadi sebelum akhirnya menyudahi perlawanan Zho Zeniya,  21-17.

Di pertandingan lain, tim putra PB Tangkas juga menang tipis atas Unisys Badminton Club dari Jepang 3-2. Sedangkan di sektor putri, Unisys mengalahkan tim dari Malaysia, Tiger Badminton Club, 3-2.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar