Rabu, 23 Januari 2013

Ketua Anti-Doping Dunia: Lance Armstrong Pembohong


 Berita mengenai Lance Armstrong belum juga berhenti. Pebalap sepeda yang dicabut tujuh gelar juaranya di Tour de France karena masalah doping ini masih mendapat kecaman dari banyak pihak.

Salah satunya adalah John Fahey, Ketua Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Fahey mengatakan Armstrong masih berbohong perihal doping yang digunakannya untuk meraih gelar Tour de France sebanyak tujuh kali.

Armstrong yang tampil di televisi dan melakuka sesi wawancara dengan host ternama Amerika Serikat, Oprah Winfrey, mengatakan dia sudah berhenti memakai doping setelah 2005. Tapi, Fahey tidak mempercayai cerita pria berusia 41 tahun tersebut.

"Saya yakin dia masih menggunakan doping di Tour de France 2009, ketika dia finis di urutan ketiga. USADA (Badan Anti-Doping AS) melakukan tes darah dan darahnya menunjukkan beberapa variasi yang menjelaskan jika dia kemungkinan besar masih menggunakan doping setelah 2005. Percaya USADA atau percaya Armstrong? Yang jelas saya tahu siapa yang harus dipercaya," papar Fahey dilansir Daily Mail.

Di acara talk show yang ditayangkan Discovery Channel tersebut, Armstrong mengakui dirinya menggunakan empat zat terlarang, yaitu Erythropoietin (EPO), testosterone, cortisone, dan juga hormon pertumbuhan. Dia juga melakukan transfusi darah untuk meningkatkan performanya.

Selain dicabut tujuh gelar TDF, atlet yang terkenal dengan yayasan kanker "Livestrong" ini juga dilarang berkecimpung lagi di dunia balap sepeda untuk selamanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar