Jumat, 28 Desember 2012

Vettel Tegaskan Tak Ada Kontroversi Saat Balapan di Brasil


 Sebastian Vettel menegaskan tidak melakukan tindakan kontroversial saat balapan seri terakhir Formula 1 2012 di Brasil, akhir November lalu. Pembalap Red Bull Racing ini pun berhak mempertahankan gelar juara dunia untuk kali kedua.

Diketahui kubu Ferrari mengirim surat kepada Presiden Federasi Automobil Internasional (FIA), Jean Todt, tiga hari setelah balapan di Sao Paulo tersebut. Mereka mempertanyakan aksi Vettel saat menyalip Jean-Eric Vergne (Tim Toro Rosso) di lap 4 yang dianggap ilegal.

Namun, setelah menyaksikan rekaman balapan, FIA memutuskan Vettel tidak melakukan pelanggaran. Meski finish di posisi 6, pembalap muda Jerman itu tetap meraih gelar juara dunia F1 2012. Torehan tersebut merupakan kali ketiga beruntun bagi Vettel, setelah merengkuhnya pada 2010 dan 2011.

“Saya mengetahui Ferrari mengajukan protes setelah (Kepala Tim Red Bull) Christian Horner menelpon saya. Dia bilang Ferrari tidak senang dengan hasil balapan itu,” ujar Vettel seperti dilansir Autosport.

“Jujur, saya tidak pernah berpikir untuk melanggar aturan. Percaya atau tidak, sejak bendera start dikibarkan, saya merasa tidak pernah melakukan kesalahan,” tegasnya.

Balapan tersebut dimenangkan pembalap McLaren-Mercedes, Jenson Button. Sedangkan duet pembalap Ferrari, Fernando Alonso dan Felipe Massa masing-masing menempati podium posisi 2 dan 3.

Berkat finish di posisi 6, Vettel mendapat tambahan 10 poin. Pria kelahiran 25 tahun silam ini tidak tergusur dari puncak klasemen pembalap dengan total torehan 281 poin.
Pembalap yang kerap dijuluki "Baby Schumi" ini pun tercatat dalam sejarah F1 sebagai pembalap termuda pencetak hat-trick gelar juara dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar